Wednesday, June 26, 2013

ILMU PELAYARAN ELEKTRONIKA

Sistem Hiperbola.
LORAN – C digital.

Cara pengukuran “td” LORAN – C ada 2 macam :
- Envelope Matching seperti LORAN – A dengan ketelitian kasar ( coarse reading) dgn ketelitian +- 4 u-sec
- Cycle Matching : pengukuran perbedaan phase antara gelombang radio dari Master dan gelom bang radio dari Slave ( fine – ketelitian tinggi ).
Meng-identifikasikan Cycle ketiga dengan cara:
1. Memisahkan gelombang radio dari satu pemancar, lalu digeser phasenya 1800 ( gelombang A ).
2. Gelombang tersebut dipadukan dengan gelombang aslinya.
3. Maka terjadi 3 Cycles “gelombang” sebesar 30u-second dan “sky waves”, sisanya keduanya dipisahkan Secara automatis.
 . Factor kesalahan LORAN – C
1. Kesalahan karena perambatan grounduars didarat dan permukaan laut yang berbeda daya hantarnya. Dan kesalahan penarikan garis Hiperbola pada peta LORAN – C berdasarkan kalkulasi computer ( tidak semua didasarkan pada survey lapangan ) disebut A S F “( Additional Secondary phase Factor ).
2. Kesalahan karena penggunaan Sky waves.
           
b. Secondary coding delay : Penundaan pancaran slave dari waktu pancaran master, gunanya untuk ; mempertinggi ketelitian pengukuran dan identifikasi garis hiperbola di peta, disamping jenis warna.

. Instrument (pesawat) Navigasi yang menggunakan prinsip “system Navigasi Hiperbola” diantaranya ialah :
1). Sistem LORAN-C.
2). Sistem Decca
Pada peta LORAN-C tertera tulisan :
- 7990 x 13000 harusnya ditulis 7990 –x 13000 artinya bahwa garis dengan notasi 7990 –x 13000 adalah LOP. Hiperbola dari LORAN-C pair 7990 –x dengan time difference ( td ) 13000u-sec ( master m dengan slave  Station X ).
- Notasi 7990 –x 26 N
- 57 D artinya bahwa perairan di peta ini diliput oleh pancaran gelombang radio dari LORAN-C pair 7990 –x dengan koreksi skywaves + 26 u – sec pada malam hari,  koreksi skywaves – 57 u – sec pada siang hari.


 Sistem Navigasi Hyperbola adalah system penentuan posisi dengan menggunakan pancaran gelombang           radio, dengan menggunakan garis tempat kedudukan Hyperbola (LOP Hyperbola)  

Hyperbola yaitu:Tempat kedudukan titik-titk yang selisih jaraknya sama terhadap 2 titik tertentu. (misalnya: M dan X) dimana M dan X merupakan  titik api  Hyperbola tersebut.Karena itu untuk satu Hyperbola di perlukan 2 titik referensi pemancar M (Master) dan pemancar X (Slave).

  Instrumen navigasi yang menggunakan LOP Hyperbola adalah:
      System LORAN A, LORAN-C, system DECCA, system NNSS, system OMEGA. 


Homing adalah melayarkan kpl pada garis kedudukan tertentu, misalnya pd saat memasuki alur atau pelabuhan.
   u/ 1 hiperbola dari peta loran-C, maka harus ditambahkan line of position hiperbola sebagai penolong dari garis hiperbola yg sudah ada ,misalkan LOP 12455 (lihat gmb).
     Artinya apabila time difference (TD) conter mengecil dari 12445 brarti pos kpl kekiri, maka kpl harus kanan kemudi,sebaliknya apabila TD  conter membesar dari 12455 berarti kpl kekanan, mka kpl hrus kiri kemudi. Dengan demikian kpl akan dan terjaga pd LOP TD 12450.
Resiko dr homing adalah:
   - krena pd penentuan td,jarang skali trjadi
     tepat pd LOP hiperbola yg sudah ada 
     pd peta.
Arti dari data garis Loran-C : 7990 y – 35350 adalah:
Garis hyperbola tsb merupakan pasangan Loran-C 7790 master dgn slave y, dan time difference (td) adalah 35350 µs.

Hubungan antara UKC & Echo    Sounder:
- UKC (Under Keel Clearance) merupakan jarak tegak dr dasar laut ke bagian terendah dr lunas kapal. UKC dpt diukur dgn menggunakan echo sounder, yaitu dalamnya laut yg didapat (dgn koreksi draft) dikurangi dgn sarat kpl.
  Hubungan antara CPA & Doppler Speed
     Log:
- CPA (Closest Point of Approaches) merupakan titik pertemuan terdekat antara 2 kapal yg haluannya saling memotong. Dengan unsur kecepatan kpl yg didapat dr Doppler Speed Log serta arah haluan kpl, baik kpl sendiri & kpl lain (target) kita dapat menghitung CPA dgn kpl target. Pada pesawat radar-ARPA data kecepatan dr Doppler Speed Log digunakan sbg input dlm penentuan CPA secara automatis.

VTS (Vessel’s Traffic Services)  yaitu suatu sistim utk pengaturan lalu lintas pelayaran kpl pd perairan2 yg padat seperti pelabuhan, alur perairan pedalaman & selat.
TSS (Traffic Separation Scheme) yaitu suatu skema (bagan) untuk pemisahan jalur lalu lintas pelayaran kpl2 yg berlawanan arah dlm suatu alur pelayaran yg ramai & sempit, misalnya alur pelayaran memasuki pelabuhan & selat.
shg kita dpt memantau setiap perubahan
posisi kpl yg akan membahayakan
navigasi.
LORAN = Long Range Navigation.
Artinya= System Navigasi untuk jarak jauh, karena menggunakan system navigasi radio atau system navigasi elektronika.

Loran-C jika melakukan observasi penentuan posisi dengan mnggunakan gelombang radio “Ground-Waves” dapat mencapai jarak ± 1000 mil dan jika menggunakan gelombang “Sky-Waves” dapat mencapai jarak  ± 2300 mil.

GRI = Group Repetation Interval.
Artinya= Interval waktu pemancaran ulang kelompok pulsa.

Notasi observasi loran-C sbb:
23.30   7980-X    Tg    29208,7
23.30   7980-Y    Tg    46807,5
Artinya: Pada jam 23.30 waktu kapal terdapat Loran-C pair = 7980-X, Master dengan Slave X, dari master station dan slave ditangkap pulsa Ground-Waves(Tg) dengan td (time difference) 29208,7. dan selanjutnya Pada jam 23.30 waktu kapal terdapat Loran-C pair = 7980-Y Master dengan Slave Y, dari master station dan slave ditangkap pulsa Ground-Waves(Tg) dengan td (time difference) 46807,5.

Notasi observasi loran-C sbb:

7980-X    Tsg    20  D
                Tsg    27  N
Artinya: Terdapat Loran-C pair = 7980-X, Master dengan Slave X, dari master station ditangkap pulsa “Sky-Waves” dan dari slave station ditangkap pulsa Ground-Waves, koreksi “Sky-Waves” pada siang hari + 20 μ-s dan pada malam hari + 27 μ-s.

7980-Y    Tsg    15  D
                Tsg    19  N
Artinya: Terdapat Loran-C pair = 7980-Y, Master dengan Slave Y, dari master station ditangkap pulsa “Sky-Waves” dan dari slave station ditangkap pulsa Ground-Waves, koreksi “Sky-Waves” pada siang hari + 15 μ-s dan pada malam hari + 19 μ-s.

Tuliskan notasi setelah hasil observasi dikoreksi :
Notasi sebelum dikoreksi Sky-Waves :
23.30   7980-X    Tsg    46205
23.30   7980-Y    Tsg    12801
Setelah dikoreksi dengan Sky-Waves:
23.30   7980-X    Tsg    46205
            +  27
      46232

23.30   7980-Y    Tsg    12801                                                            
         +  19
      12820
Notasi Baru Sky-Waves ;
23.30   7980-X    Tsg    46232
23 30   7980-Y    Tsg    12820.      

--------------------------------------------------
***SEMOGA BERMANFAAT***

2 comments: